UKM Seni dan Budaya UCY - Masa Penerimaan Anggota yang kemudian disebut SAPA, dengan tema “Lahir dan Tumbuh dalam Darma”. Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 5-6 Oktober 2019 di Puncak Pogog, Bantul, D.I. Yogyakarta gelombang I. Alasan dan tujuan  menciptakan kader atau anggota yang memiliki komitmen serta bertanggung jawab atas amanah yang diberikan.

Lahir dan Tumbuh dalam Darma. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Lahir adalah "muncul di dunia", sedangkan arti dari Tumbuh "sedang berkembang (besar, sempurna, dsb)",  dan darma ialah "kewajiban, komitmen".

Berdasarkan pengertian di atas maka Lahir dan Tumbuh dalam Darma bisa diartikan sebagai langkah awal dan proses anggota memahami apa yang diamanahkan organisasi. Dengan harapan memiliki rasa tanggung jawab dan komitmen untuk memajukan serta mengembangkan organisasi.

Penyampaian Materi Sejarah Organisasi dan Pengantar Seni dan Budaya

Materi sejarah organisasi disampaikan oleh Achmad Irfan dan Fauzi, dengan pembahasan 1) Awal terbentuknya Unit Kegiatan Mahasiswa Seni dan Budaya, 2) Proses pengajuan, mulai dari UKM Persiapan sampai dengan diresmikannya Unit Kegiatan Mahasiswa Seni dan Budaya ini menjadi UKM Tetap, 3) Kendala yang diahadapi dalam proses pengembangan UKM itu sendiri dan 4) Perekrutan anggota dan hal-hal lain yang sifatnya berkaitan dengan Organisasi.

Penyampaian materi sejarah organisasi dan pengantar seni dan budaya
Penyampaian Sejarah Organisasi
Salah satu pembahasan yang paling ditekankan kepada seluruh peserta adalah proses pengembangan organisasi dan pengimplementasian pengetahuan baik dari segi kompetensi maupun minat bakat. Tujuan dari penekanan yang disampaikan oleh Pemateri tidak lain adalah pemahaman organisasi secara formal maupun kultural, karena untuk mengetahui sejarah organisasi secara tidak langsung harus memahami organisasi itu sendiri.

Dalam materi sejarah organisasi tidak lupa pemateri menanyakan harapan peserta untuk kemajuan organisasi UKM Seni dan Budaya UCY.

Selain Sejarah Organisasi, Pengantar Seni dan Budaya menjadi salah satu materi yang diangkat dalam kegiatan SAPA Unit Kegiatan Mahasiswa Seni dan Budaya Universitas Cokroaminoto Yogyakarta disampaikan oleh saudara Mifta W.S. Seni menurut Mifta adalah "cipta rasa dan karsa manusia" dan budaya menurut mifta adalah "proses dan aktivitas yang menjadi kebiasaan sehingga ada unsur estetika yang berkaitan dengan karya".

Diskusi Materi SAPA


Setelah materi selesai disampaikan oleh masing-masing pemateri, maka untuk mengetahui sejauh mana pemahaman peserta mengenai materi Sejarah Organisasi dan Pengantar Seni dan Budaya.


Diskusi materi sapa
Diskusi Materi Sapa
Peserta dibentuk menjadi dua kelompok dan dari setiap kelompok diharuskan untuk menciptakan sebuah rancangan organisasi mulai dari nama, visi dan misi, dan tujuan organisasi itu dibuat. Setelah itu, masing-masing kelompok diharuskan untuk membuat sebuah penampilan yang mana isi dari penampilan tersebut harus relevan dengan tujuan organisasi dibuat.

Gagasan-gagasan yang disampaikan dari masing-masing kelompok antara lain, pertama membentuk lembaga sosial dengan tujuan menyediakan bantuan-bantuan yang berkaitan dengan kegiatan sosial. Cara yang digunakan oleh lembaga yang mulai hilang karena tergerus oleh perkembangan zaman dan minimnya pemahaman generasi penerus tentang budaya Indonesia khususnya. Metode yang digunakan oleh lembaga ini adalah dengan melakukan kajian-kajian budaya dan revitalisasi budaya indonesia secara khusus.

Selain memaparkan gagasan tentang lembaga yang akan dibuat, kedua kelompok melakukan pementasan seperti musikalisasi puisi dan menyanyi.


Proses Pengambilan Sumpah


Pengambilan sumpah setia anggota adalah prosesi yang harus dilewati setiap calon anggota untuk mendapatkan legitimasi keanggotaan. Tujuan dari dilakukannya pengambilan sumpah setia anggota untuk mengetahui kesungguhan dan dan keseriusan calon anggota dalam mengembangkan organisasi.
proses pengambilan sumpah
Proses pengambilan sumpah

Sebelum diambiil sumpah setia, para calon anggota dikumpulkan pada satu tempat, kemudian masing-masing calon anggota ditutup matanya, dan diarahkan menuju tempat pengambilan sumpah, dengan didampingi oleh panitia dan pengurus.

Proses pengambilan sumpah diawali dengan Adzan dan Iqomah yang dilantunkan oleh salah satu panitia yang bertugas. Proses selanjutnya yaitu orasi yang berkaitan dengan motivasi, komitmen dan tanggungjawab. Saat prosesi ini berlangsung peserta masih dalam kondisi mata tertutup dan duduk bersila diposisi masing-masing. Tahapan selanjutnya yaitu pengambilan sumpah setia yang dipimpin oleh Ketua Umum UKM Seni dan Budaya UCY dan didampingi oleh Sekretaris Umum dan Bendahara Umum UKM Seni dan Budaya UCY.

Sebelum pembacaan pengambilan sumpah, calon peserta dibuka penutup matanya, berdiri, dan bergandengan tangan dengan calon peserta yang ada disamping kanan dan kirinya. Ketika pengambilan sumpah setia dibacakan oleh Ketua Umum UKM Seni dan Budaya UCY maka calon anggota mengikuti kata-kata yang diucapkan oleh Ketua Umum UKM Seni dan Budaya UCY.

Setelah prosesi pengambilan sumpah setia selesai, prosesi selanjutnya adalah ceremonial  selesainya proses pengambilan sumpah setia anggota Unit Kegiatan Mahasiswa Seni dan Budaya Universitas Cokroaminoto Yogyakarta.

0 Komentar